loading...

Wednesday, 22 March 2017

Peranan transportasi terhadap peradaban manusia, ekonomi, sosial, dan politik.

loading...
loading...

Peranan transportasi terhadap peradaban manusia, ekonomi, sosial, dan politik. --
Peranan transportasi terhadap peradaban manusia
Perkembangan peradaban manusia terlihat dengan jelas. Pada zaman dahulu, manusia tidak mementingkan pelayanan transportasi karena pada masa itu barang dan jasa yang dibutuhkan belum beragam dan relatif sederhana. Sekarang kebutuhan hidup semakin beragam.
Peranan transportasi terhadap peradaban manusia, ekonomi, sosial, dan politik.

Manusia saat ini cenderung hidup menetap, buka seperti dahulu yang masih berpindah-pindah atau nomaden. Dalam keadaan seperti ini, transportasi dan pengembangan teknologi semakin diperlukan untuk membantu aktivitas manusia.

Peranan transportasi terhadap perekonomian
Transportasi sangat mempengaruhi proses produksi dan distribusi. Dalam proses produksi, transportasi berperan penting dalam menyatukan semua faktor produksi (sumberdaya), yang tersebar di berbagai tempat berbeda ke satu lokasi (pabrik). Semua diproses menjadi barang yang siap dikonsumsi. Dalam proses distribusi, transportasi sangat penting digunakan untuk mendistribusikan barang atau jasa yang diproduksi ke tempat yang membutuhkan. Transportasi berperan menjamin penyebaran barang dan jasa ke semua tempat.

Peranan transportasi dalam kehidupan sosial
Transportasi mempunyai peran mempermudah masyarakat dalam melakukan kegiatan yang menyangkut ke hubungan kemanusiaan. Hubungan kemanusiaan dipermudah dengan adanya transportasi mencakup penukaran informasi, rekreasi, pelayanan perorangan atau kelompok,dan transportasi ke tempat lainnya.

Peranan transportasi dalam politik
Dalam negara dengan bentuk kepulauan, seperti Indonesia, transportasi dapat berperan sebagai pendukung dalam usaha persatuan nasional, peningkatan pemerataan pembangunan ke seluruh daerah di Indonesia, atau usaha pengamanan negara dari serangan luar

loading...