loading...

Wednesday, 15 March 2017

Pengertian dan Peranan TRANSPORTASI

loading...
loading...

Pengertian dan Peranan TRANSPORTASI,-  Menurut Schumer (1968), Bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki (1) penduduk dalam jumlah yang memadai dan berkemampuan, (2) kekayaan sumberdaya alam, dan (3) transportasi yang lancar. Indonesia merupakan negara dengan wilayah yang sangat luas. Miro (2005:3) menyebutkan bahwa penduduk tersebar di seluruh wilayah tanah air, demikian pula tersedianya sumberdaya alam, maka hasil produksi dan nilai produksi yang bervariasi secara antar daerah/wilayah. Jumlah penduduk Indonesia sekitar 220 juta jiwa, terbesar kelima di dunia, setelah Cina (1,3 milyar jiwa) dan India (1 milyar jiwa), Amerika Serikat (300 juta jiwa) dan Rusia (275 juta jiwa).
Pengertian dan Peranan TRANSPORTASI

Indonesia menghadapi kesenjangan antar daerah yang cukup serius dalam berbagai aspek, yaitu aspek kependudukan, produktivitas tenaga kerja, pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan dan lainnya. Hal itu ditunjukkan dengan adanya fakta bahwa wilayah barat lebih maju dibandingkan wilayah timur. Untuk mengatasi tantangan yang sangat berat itu perlu dirumuskan strategi pengembangan wilayah yang bersifat berkelanjutan dan menentukan masa depan Indonesia. Dalam mewujudkan integrasi Indonesia pada masa depan diperlukan dukungan terselenggarakannya sistem transportasi nasional yang efektif dan efisien.

Terselenggarakannya sistem transportasi yang efektif dan efisien, dapat melayani angkutan barang dan orang antar kota, antar daerah dan antar pulau secara lancar, cukup, aman dan murah. Pergerakan barang dan orang antar kota, antar daerah dan antar pulau dilaksanakan untuk melayani kegiatan perekonomian dan pembangunan pada sektor-sektor lain di berbagai wilayah.

Adisasmita (2011:2), Transportasi merupakan kegiatan memindahkan atau mengangkut muatan (barang dan manusia) dari suatu tempat ke tempat lain. Kegiatan transportasi tidak dapat dielakan atau tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. Transportasi selalu melekat dengan kegiatan perekonomian dan pembangunan. Kegiatan transportasi barang dan manusia diangkut dengan menggunakan sarana atau yang biasa disebut dengan moda, transportasi yang dilakukan diatas prasarana transportasi (jalan) yang bermula dari suatu terminal menuju ke terminal lainnya. Terminal transportasi merupakan simpul alih muat transportasi, yang mempunyai peranan penting dalam keterpaduan dan kesinambungan pelayanan angkutan. Terdapat unsur transportasi yaitu kendaraan, jalan, terminal, dan adanya muatan.

Menurut Schumer (1968), “Peranan transportasi dalam kehidupan manusia, perekonomian dan pembangunan semakin penting, hal itu dapat terlihat dengan digunakannya sarana angkutan modern yang berkecepatan tinggi dan berkapasitas muat besar”. Transportasi mempunyai peranan penting dan semakin bertambah penting, sejak zaman primitif sampai zaman modern sekarang ini, oleh karena itu dapat dikatakan bahwa transportasi itu setua peradaban manusia, setua dengan keberadaan manusia di dunia.

loading...