loading...

Saturday, 17 September 2016

Panduan Sholat Tahajud, Niat, Doa, Arab Latin dan Artinya

loading...
loading...

Shalat Tahajud dikatakan pula dengan ibadah shalat lail atau shalat malam, yaitu ibadah sunah yang dikerjakan di malam hari usai tidur. Sholat Tahajud hukumnya Sunnah sebagaimana Firman Allah SWT dalam alquran surat Al isro ayat 78. Namun biarpun bukan wajib, pahala dan keutamaannya pun besar, sehingga dapat dibilang kalau nabi kita Muhammad Saw pun kerap mengerjakannya. Maka dari itu, pastinya hal itu adalah contoh yang baik untuk diikuti. Adapun kendala yang cukup besar dimana orang orang tak mengerjakan shalat ini disebabkan waktunya yang tengah enaknya terlelap, selain itu juga terdapat alasan lainnya seperti tidak memahami caranya.

Bila memang menginginkan untuk mengerjakan ibadah ini cuma enggak tahu caranya maka pada bahasan kali ini bakal terangkan lebih rinci terkait tahajud, semoga bisa menolong anda yang kini tengah mencari panduannya. Di dalam bahasan ini bakal dituliskan hal hal yang menyangkut tahajud, dimulai dari tata caranya, niat, serta doa yang bisa anda hafal.
Panduan Sholat Tahajud, Niat, Doa, Arab Latin dan Artinya

A.  Dalil Sholat Tahajud

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا  ( الإسراء،79)

Artinya: Dan pada sebagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai sutau ibadah tambahan bagimu mudah - mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

Biarpun Tahajud ini adalah ibadah sunnah, tapi ternyata ada juga ya dalilnya dari al Quran. Hal itu mengartikan tentang kedudukannya yang tinggi. Bahkan Nabi Saw sempat menerangkan, kurang lebih bahwa shalat ini adalah yang paling utama seusai shalat lima waktu, yakni seusai shalat wajib. Dalil keutamaanya bakal kami suguhkan lebih banyak dalam bahasannya. Nah bagi anda yang menginginkan untuk sholat ini maka haruslah bangun malam yang ternyata susah juga mengerjakan hal itu untuk yang telah terbiasa bangung pagi atau bahkan siang hari, dan sholat subuhnya pun di kerjakan di waktu dhuha karena telat atau bangun kesiangan. Lalu bagaimana agar bisa bangun malam untuk mengerjakan ibadah, meningkatkan ketaatan kepada Allah dengan mencontoh Nabi Saw ini?. Untuk itu disini bakal kami bahas terlebih dulu tips agar dapat bangung malam.

B. Tips Bisa Bangun Malam Untuk Sholat Tahajud
B.1. Stop begadang Serta Tidurnya Kurang dari Jam 10.00 Malam.
Kalau anda memang menghendaki untuk bisa mengerjakan shalat ini pastinya bakal mengerjakan segala cara agar hal yang kamu kehendaki itu bisa di kerjakan. Termasuk juga dengan menghentikan kebiasaan tidur malam atau begadang. Lakukan yang sebaliknya setelah itu, yakni tidur cepat bila anda menghendaki bisa bangun pada sepertiga malam. Selain itu juga niatkan dalam tidur itu karena ingin bisa bangun untuk tahajud serta memberikan hak pada tubuh lelah anda untuk istirahat seusai dipakai seharian kerja.

Maka dengan demikian tidur anda pun adalah ibadah. Kalau anda menghendaki bangun mungkin sekitar jam 3 an maka mestinya sudah tidur di jam 11 malam, dengan begitu tubuhpun bakal segar sebab telah beristirahat sepanjang empat jam. Tidur di awal tidak cuma bikin tubuh anda nantinya bakal lebih fresh, namun juga produktivitas otakmu anda dapat kian bagus dan khusyuk kala beribadah. Oleh karenanya kini sudahi tidur malamnya, dan mulai mengerjakan kebiasaan yang baik.
Panduan Sholat Tahajud, Niat, Doa, Arab Latin dan Artinya

B.2. Tata kamar sebelum tidur dapat bikin tidur anda kian berkualitas.
Bila yang dilihat kala pertama kali melek atau bangun adalah kamar yang berantakan dimana pastinya itu adalah kewajiban anda untuk membersihkannya, pastinya hal itu bakal bikin malas untuk bangun, sebab anda berpindah dari kondisi nyaman yakni enak tidur kepada yang tak menyenangkan, yaitu mesti bersihkan kamar berantakan. Atau anda bisa tidur kembali daripada membersihkannya, karena kamar berantakan bakal bikin anda kian malas. Untuk itu cobalah sebelum tidur bersihkan dan tata kamar lebih baik maka saat bangun anda akan mendapati ruangan yang bersih dan tidurnya pun berkualitas walaupun sebentar.

B.3. Jangan terlalu kenyang makan malamnya
Makan terlalu banyak kala malam bakal bikin lambung anda penuh dan itu berdampak pada malas untuk bergerak Oleh karenanya dianjurkan untuk tidak terlalu kenyang makan malamnya, terutama karena Nabi pun menganjurkan untuk tak kenyang dan berlebihan. Selain itu dianjurkan pula menyudahi makan di jam 18.00 sore dengan makan menu-menu yang sesuai. Sehingga cara yang demikian itu bakal jadi kian rileks pencernaan anda serta nantinya bakal gampang untuk bangun di sepertiga malam terakhir.

B.4. Minum Air Putih Sebelum Tidur
Ini juga cukup efektif, dimana air putih bakal menolong anda lebih segar kala bangun dan pastinya juga bisa bikin tidur anda jadi berkualitas. Sudah banyak yang mencicipi segar bugar kala terbangun dari tidur.

B.5. Posisi Tidur Miring ke Kanan
Dimana Nabi pun menganjurkan untuk mengerjakan posisi ini kala anda akan tidur. Sebab ternyat hal itu bisa mengistirahatkan otak kiri adan yang umumnya dipakai setiap hari untuk bergerak, dan juga dapa mengistirahatkan jantung dan lambung anda.

B.6. Tidur Siang
Supaya rasa lelah anda tidak terakumulasi di malam hari maka anda mesti istirahat di siang harinya dengan tidur sebentar. Bukan cuma untuk bisa mengerjakan apa yang anda inginkan itu di malam harinya. Terdapat pula manfaat mengistirahatkan badan sejenak di siang hari, yang mana diantaranya yaitu dapat meningkatkan respon otak, meningkatkan kemampuan belajar, dan memperbaiki kemampuan koordinasi. Dan bukan cuma itu saja, terdapat penelitian di negeri sakura juga mengungkapkan kalau tidur siang sepanjang lima belas menit dapat mengurangi ketegangan dan stress.

B.7 Berdoa dan Pasang Alarm
Tips yang terakhir adalah berdoa terlebih dulu supaya jiwa kita bisa dikembalikan untuk mengerjakan ketaatan dan juga pasang alarm.

C.  Fadilah Dan Keutamaan Sholat Tahajud
Setelah mengerjakan tips itu InsyaAllah anda telah berupaya dan memang betul menginginkan untuk bangung malam shalat tahajud, maka setelah anda tidur bukan urusan anda lagi kapan jiwa itu dikembalikan pada jasadnya. Dengan mengerjakan tips supaya bangun malam itu berarti anda telah menampakan kesungguhan, bukan cuma sebatas di mulut saja ingin sholat tahajud tapi sebetulnya tidak atau malas.

Selanjutnya, terdapat sekali keterangan mengenai keutamaan dari sholat tahajud, diantaranya adalah sabda Nabi SAW.

 قوله عليه الصلاة والسلام: أفضل الصلاة بعد المكتوبة صلاة الليل

Artinya: Sholat yang paling utama setelah sholat wajib lima waktu adalah sholat tahajud.

وقوله عليه الصلاة والسلام: عليكم بقيام الليل فإنه دأب الصالحين قبلكم، وقربة لكم، ومكفرة للسيئات، ومنهاة عن الاثم، ومطردة للداء عن الجسد

Dan sabda Nabi SAW yang artinya : dirikanlah sholat malam ( tahajud) karena itu adalah kebiasaan dan ibadah orang - orang solih, menghapus kejelekan (perbuatan dosa), mencegah dari perbuatan dosa, dan menolak penyakit dari badan.

ومنها قوله عليه الصلاة والسلام: أيها الناس أفشوا السلام، وأطعموا الطعام، وصلوا الارحام، وصلوا بالليل والناس نيام، تدخلوا الجنة بسلام
 .
Juga sabda Nabi SAW, yang artinya: Wahai manusia sebarkanlah salam, berikanlah makanan (sedekah), sambunglah silaturrahim, sholatlah diwaktu malam sedangakan manusia yang sedang tertidur, maka masuklah kamu sekalian ke dalam surga dengan selamat.

Beberapa dalil diatas adalah tentang keutamaan tahajud, seperti yang telah anda baca, ia merupakan yang paling utama dilakukan sesudah yang wajib dipenuhi. Juga dengan sholat tahajud itu menjadi penanda kebiasaan orang yang shaleh. Dan juga yang paling di mau oleh setiap orang adalah bisa dihapus kejelekannya yang dulu dulu dan terus disehatkan. Tiada lain diantaranya adalah dengan tahajud maka hal hal itu bakal terwujud. Berbagai kenikmatan, InsyaAllah bakal kamu raih bila mengerjakan tahajud dan yang paling besar adalah masuk surga.
Panduan Sholat Tahajud, Niat, Doa, Arab Latin dan Artinya

D.   Syarat Dan Rukun Sholat Tahajud
Syarat yang pertama adalah dilaksanakan sesudah shalat isya dan sesudah tidur malam. Adapun syarat dan rukun lainnya sama dengan sholat - sholat pada umumnya.

E.  Waktu Sholat Tahajud
Sholat Tahajud harus dilaksanakan pada malam hari dan disyaratkan harus sesudah tidur malam. Meskipun tidur setelah sholat magrib kemudian jam 8 atau jam 9 terbangun untuk sholat isya maka usai sholat isya sudah boleh melaksanakan sholat tahajud. Dianjurkan dilaksanakan pada separuh malam yang akhir dan Waktu yang paling utama untuk sholat tahajud adalah pada waktu sahur. Waktu sholat tahajud habis jika sudah muncul fajar sidiq menjelang sholat subuh.

F.   Jumlah Raka’at Sholat Tahajud
Bilangan rokaat sholat tahajud minimal 2 rokaat, dan maksimalnya tidak terbatas semakin banyak bilangan roka’atnya maka semakin baik.

G.   Bacaan Sholat Tahajud
Apa yang dibaca ketika sholat tahajud itu sama dengan bacaan sholat yang lain, yaitu, membaca surat fatihah pada tiap tiap rokaat, dilanjutkan membaca suratan alquran. Setelah itu ruku, sujud dan seterusnya dengaan diakhiri salam setiap 2 rokaat.

H.  Cara Melaksanakan Sholat Tahajud:
Caranya sama dengan sholat – sholat yang lain. Niat sholat tahajud, cara niatnya yaitu :

  • "USHOLLI SUNNATATTAHAJUUDI ROKA'TAINI LILLAHI TA'ALA"
  • Takbirotul ihrom dengan mengucapkan "ALLOHU AKBAR".
  • Membaca surat alfatihah.
  • Membaca suratan (dianjurkan, jika tidak membacanya pun sholatnya tetap sah).
  • Ruku. I’tidal.
  • Sujud pertama.
  • Duduk diantara dua sujud.
  • Sujud kedua, kemudian bangkit lagi menuju roka’at yang kedua caranya sama dari membaca fatihah, suratan, ruku, sujud dst.
  • Membaca tahyat akhir ketika duduk akhir dilanjutkan salam.

I.  Doa Sesudah Sholat Tahajud
Pada dasarnya tidak ada keharusan membaca doa tertentu usai melaksanakan sholat tahajud, andaikan anda tidak bisa atau kurang fasih berbahasa arab maka berdoalah dengan bahasa apa saja termasuk bahasa indonesia atau bahasa jawa, karena Allah SWT maha mengetahui semua jenis bahasa. Tapi untuk lebih utamanya adalah berdo’a dengan do’a yang biasa dibaca oleh Rosululloh SAW, diantaranya:
ALLOOHUMMA LAKAL HAMDU, ANTA QOYYIMUSSAMAAWAATI WAL ARDHI WAMAN FIIHINA, WALAKAL HAMDU, LAKA MULKUSSAMAAWAATI WAL ARDHI WAMAN FIIHINNA, WALAKAL HAMDU NUURUSSAMAAWAATI WAL ARDHI, WALAKAL HAMDU ANTAL HAQ, WAWA'DUKAL HAQ, WALIQOOUKA HAQQUN, WAQOULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WAMUHAMMADUN SAW. HAQQUN, WASSAANGATU HAQQUN, ALLOOHUMMA LAKA ASLAMTU, WABIKA AAMANTU, WANGALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WABIKA KHOOSOMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QODDAMTU, WAMAA AKKHORTU, WAMAA ASRORTU, WAMAA A'LANTU, ANTAL MUQODDIMU WA ANTAL MUAKKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA WALAA HAULA WALA QUWWATA ILLAA BILLAH.

*Apakah bermanfaat?, Jangan lupa Share yaa!! 


EmoticonEmoticon

loading...